Caleg Nomor 1 dan 2 Biasanya Potensial, Dibanding Paling Bawah

Caleg nomor urut bawah diistilahkan hanya ikut meramaikan saja


1
3 shares, 1 point

Bukan rahasia umum, jika nomor urut calon anggota legislatif menjadi indikator bahwa caleg tersebut memiliki potensi dan punya peluang besar menjadi anggota legislatif.

Pemberian nomor urut, memang domain Partai. Tentu partai tau betul caleg yang akan di up ke nomor teratas, kalau nggak petahana yah caleg baru "Karbitan" yang punya popularitas untuk mendongkrak suara Partai.

Caleg nomor urut bawah diistilahkan hanya ikut meramaikan saja, biasanya dia tidak mendapat porsi prioritas dalam pengawasan saksi ataupun pemenangan. "Nggak percaya?lihat aja nanti pas hari H" wkwk

Belajar dari Pemilu legislatif 2014, caleg yang menang adalah caleg yang terbantu dengan suara caleg nomor terbawah, lantaran konversi penghitungan kursi melalui Bilangan pembagi pemilih, berbeda dengan 2019 dihitung berdasarkan suara mayoritas dengan metode Sainte league.

"Lah, wong ikut caleg itu ya, enggak ngurus suara, yang dipikir bagaimana cara dapat kursi"Begitu guyonan para politikus yang sudah pernah juara.

Sementara itu, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia Lely Arrianie dikutip CNNIndonesia, Selasa (8/1) mengatakan, nomor urut masih memberikan dampak psikologis bagi pemilih. 

"Kebanyakan pemilih, utamanya yang pengetahuan politiknya rendah, tidak mau repot-repot menyisir daftar nomor urut di surat suara. Sehingga ada kemungkinan hanya caleg nomor urut teratas yang dipilih oleh masyarakat"Katanya.

Terkadang, lanjut Lely, calon nomor urut satu dari setiap partai bukanlah diisi oleh kader yang benar-benar mumpuni. Calon nomor urut satu malah terkadang diisi oleh kader yang direkrut partai politik untuk mendulang suara.

Maka dari itu, tak heran jika kerap terjadi kecemburuan di antara kader di dalam mendapatkan nomor urut. Maka dari itu, caleg yang merasa berkompeten harus berani menyuarakan pendapatnya untuk mendapat posisi terbaik di surat suara.

Bagaimana? Kalau anda nomor 2 kebawah, jangan kecil hati, mulai dongkrak popularitasmu dahulu baru elektabilitas, kemudian siapkan team yang handal. 

Anda juga bisa saingi caleg nomor teratas loh, kalau anda populer, partai akan berhitung, dan kesempatan menang, terbuka lebar…

Sukses ya.. 😀


Like it? Share with your friends!

1
3 shares, 1 point

What's Your Reaction?

Love Love
0
Love
Lucu Lucu
3
Lucu
Sedih Sedih
3
Sedih
Marah Marah
2
Marah

Comments

Komentar

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF